Tanaman Obat : GENJE

Advertisement
Tanaman Obat

GENJE
(Clerodendron indicum [L.] O. Ktje.)

Nama Lokal :
Indonesia: biduyuk, ganja, memadatan (Jakarta). Sumatera: ronggo dipo (Palembang), Jawa: genje (Sunda), daun apiun, sekar petak (Jawa). Nama simplisia Clerodendri indici Folium (daun genje), Clerodendri indici Radix (akar genje).
Uraian :
Genje tumbuh liar di hutan dan ladang. Kadang ditanam di halaman dekat pagar. Tumbuhan ini bisa ditemukan pada tempat-tempat yang terkena sinar matahari atau sedikit terlindung pada dataran rendah sampai ketinggian 1.200 meter dpl. Perdu tegak dengan tinggi 1-3 meter ini batangnya bulat berwarna hijau, retak-retak membujur, tengahnya berongga, percabangan simpodial. Daun tunggal, bertangkai pendek, letak berkarang. Helaian daun bentuk lanset, ujung runcing, pangkal menyempit, tepi rata, pertulangan menyirip, warnanya hijau tua mengilap, panjang 7-15 cm, lebar 3-4 cm. Bunga majemuk; bentuk payung, keluar dari ketiak daun dan ujung tangkai, mahkota bentuk tabung, panjang 1-1,5 cm, warnanya putih. Buah batu, bulat telur, warnanya cokelat. Biji bulat berwarna hitam.
Khasiat untuk kesehatan :
Daun dan akar genje digunakan untuk pengobatan: radang saluran kencing, radang kandung kencing, radang saluran napas, radang tenggorok, nyeri rongga mulut, nyeri hernia, nyeri lambung, terkilir, memar, rematik, demam, influenza, tuberkulosis paru, dan sesak napas.
Komposisi :
Daun mengandung alkaloid, saponin, dan polifenol. Akar dan kulit batang mengandung saponin dan flavonoid. Akarnya juga mengandung polifenol.
Advertisement
Tanaman Obat : GENJE | Tiara | 5

0 komentar:

Post a Comment