Efek Ponsel bagi Kesehatan

Advertisement

FAKULTASKEBIDANAN - Kehidupan manusia sekarang ini sangat bergantung dengan smartphone. Alat komunikasi canggih itu hampir selalu standby pada anda baik untuk urusan bisnis dan kepentingan lainnya maupun sekedar bermain internetan dan komunikasi dengan si dia. Tidak sedikit dari Anda yang dapat melihat ponsel lebih dari 150 kali dalam sehari.


Tetapi tahukah Anda jika smartphone dapat mempengaruhi kesehatan tubuh mulai dari mata hingga tulang belakang? Untuk itu mari kita simak bagaimana efek dari ponsel bagi kesehatan.

Efek Ponsel bagi Kesehatan

Merusak mata
Menggunakan Smartphone secara terus menerus dan dalam jangka waktu lama bisa berdampak pada peradangan dan infeksi mata. Hal itu diakibatkan karena anda terlalu lama terfokus pada perangkat kecil nan canggih itu yang secara jangka pendek akan membuat mata anda terasa kering dan perih.

Sebaiknya smartphone juga dijauhkan dari jangkauan anak-anak karena, gadget tersebut dapat meningkatkan potensi terkena mata rabun. Seorang Psikolog juga menyarankan untuk tidak memperbolehkan anak berusia 3-7 tahun bermain game dengan layar kecil selama lebih dari setengah jam sehari.

penggunaan smartphone juga bisa mengakibatkan Presbyopia yaitu ketidakmampuan mata untuk fokus melihat objek pada jarak dekat, Penyakit itu dapat muncul akibat kebiasaan melihat layar handphone dengan jarak yang sangat dekat. biasanya mulai diderita orang berusia 40 tahun ke atas.

Merusak tulang belakang
Dapat dilihat sekarang ini banyak orang yang merasakan sakit di pundak atau lehernya karena efek dari ponsel bagi kesehatan.. Hal ini diakibatkan dari seringnya mencondongkan badan ketika membaca sesuatu di tablet atau handphone. Sakit kepala serta rasa kaku dan kelelahan disebabkan karena Posisi seperti mencondongkan badan dapat meremukkan bagian atas tulang belakang dan menekan syaraf yang menuju ke kepala.

Mengubah bentuk rahang
Penggunaan smartphone berlebihan dan tidak tau waktu juga dapat menyebabkan bentuk rahang anda berubah. seorang dokter kulit yang bernama Dr. Sam Bunting mengatakan bahwa dia melihat peningkatan jumlah perempuan berusia 30-an yang khawatir akan bagian bawah wajahnya melemah. Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit berkurang dan menekuk leher selama berjam-jam untuk memainkan smartphone dapat menyebabkan kulit tertarik ke bawah.

Sekian saja ulasan saya kali ini mengenai Efek ponsel bagi kesehatan semoga bermanfaat untuk anda.
Advertisement
Efek Ponsel bagi Kesehatan | Ari Saeful Bahri | 5

1 komentar:

  1. ternyata bahaya efek dari smartphone, harus memenejemen penggunaan hp

    ReplyDelete