Penyebab dan Penyebaran Virus Ebola

Advertisement

Penyebab dan Penyebaran Virus Ebola

fakultaskebidanan.blogspot.com - Penyebab dan penyebaran virus ebola – Apakah anda tau dari asal muasal penyakit ini dinamakan ebola? Dinamakan demikian karena pertama kali penyakit ini ditemukan di Sungai Ebola, Kongo. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bernama virus ebola. Lalu bagaimana sih Penyebab dan penyebaran virus ebola ini? mari kita ulas lebih jauh.


Penyebab dan penyebaran virus ebola Pada awalnya virus ebola menginfeksi seseorang melalui kontaj fisik dengan hewan yang sudah terinfeksi dengan virus ini seperti kelelawar, antelop atau simpanse di hutan dan virus ebola akan masuk melalui pembuluh darah. Yang membuat saya tercengang adalah, virus ebola bisa langsung menginfeksi anda ketika anda berada didaerah yang sudah terinfeksi virus ebola. Bukan Cuma itu, jika anda pergi ke pemakaman atau melayat korban virus ebola sepertinya anda harus berfikir dua kali, kenapa? Karena anda akan sangat beresiko tertular virus ebola apa lagi ketika melakukan kontak fisik dengan jenazah korban virus ebola tersebut.

Penyebab dan Penyebaran Virus Ebola


Penyebab dan penyebaran virus ebola Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, masa inkubasi dari virus ebola bisa berlangsung dari 2 hari sampai 3 minggu dengan diagnosis yang lumayan sulit. Beberapa gejala virus ebola yang bisa dirasakan adalah hilangnya nafsu makan, demam, diare, muntah, nyeri otot dan sendi, nyeri perut, dan sakit kepala. Selain itu beberapa penderita virus ebola mungkin akan mengalami hal–hal berikut batuk, cegukan tidak berhenti, ruam, mata merah, kesulitan bernapas dan menelan, sakit tenggorokan, nyeri dada,  serta pendarahan di luar dan di dalam tubuh. Dibandingkan dengan virus lain, angka harapan hidup bagi penderita virus ebola adalah 0%, kerena virus ebola akan sangat cepat menggrogoti kekebalan tubuh dengan sangat cepat.

Penyebaran virus Ebola ini dikaitkan dengan kultur atau budaya afrika yang menyebabkan bertambah parahnya penyebaran virus ebola. Dimana Para penduduk Afrika tidak akan ragu-ragu untuk melakukan kontak fisik dengan pasien virus ebola karena perasaan empati atau kasihan. Sehingga penyakit ini pun mudah menyebar layaknya efek domino.

Belum ada pengobatan khusus yang jelas untuk penanganan penyakit virus ebola, hal ini membuat penyakit ebola terdengar semakin mengerikan. Hingga WHO pun menyarankan untuk tidak melakukan kontak fisik sama sekali dengan para penderita penyakit ebola untuk meminimalisir penyebaran virus ebola. Kemudian janganlah memegang atau menyentuh apapun benda apapun yang terkontaminasi dengan virus ebola di tempat umum. Jika anda dekat dengan penderita penyakit ebola atau wilayah yang sudah terjangkit virus ebola, jangan sungkan memakai masker dan pelindung lainnya seperti sarung tangan. Dan jangan malas untuk mencuci tangan anda dengan benar dan tidak asal-asalan.

Demikianlah ulasan saya mengenai Penyebab dan penyebaran virus ebola, semoga bisa menambah referensi anda tentang virus mematikan yang satu ini.
Advertisement
Penyebab dan Penyebaran Virus Ebola | Tiara | 5

0 komentar:

Post a Comment