Perawatan Ibu Setelah Melahirkan

Advertisement

FAKULTAS KEBIDANAN - Saat anda mulai hamil sampai selesai melahirkan pasti ada yang berubah pada diri anda baik secara psikis maupun secara fisik. Secara psikis sendiri anda akan lebih ceria dengan adanya sang bayi dalam rumah tangga anda. Semula yang ada dirumah hanya ditemani suami kini telah bertamabah dengan adanya sang buah hati. Secara fisik sendiri mungkin perubahan yang akan anda alami berpengaruh pada penampilan anda yang mungkin membuat anda merasa kurang percaya diri. Makda dari itu sangat dibutuhkan Perawatan ibu setelah melahirkan dengan baik dan benar.

Anda mungkin akan sedikit kaget dan cenderung kesal ketika melihat perut setelah melahirkan. Walaupun si buah hati telah lahir namun perut anda tetap terlahat seperti orang yang mengandung 6 bulan. Namun tenang saja. hal ini termasuk hal yang lumrah karena perubahan perubahan hormon yang terjadi akan membuat perut berkontraksi dan kembali ke bentuk saat hamil. Hal ini membutuhkan waktu sekitar 6 minggu untuk kembali ke bentuk semula. Maka dari itu harap bersabar.

Seluruh sel yang ada pada tubuh yang membengkak akan keluar melalui media cairan, baik berupa keringat ataupun berupa air seni. Lemak yang tertimbun pada tubuh akan hilang seiring berjalannya waktu saat anda melewati hari – hari bersama si bayi. Dalam beberapa kasus mungkin anda pernah mendengar ada ibu yang setelah melahirkan namun perutnya kembali langsing. Memang ada yang seperti itu namun hal tersebut sangatlah jarang terjadi.

Perut yang digunakan untuk ‘menampung’ bayi dan otomatis akan merenggang membutuhkan waktu sekitar 9 bulan, tentunya itu bukan waktu yang sebentar bukan dan sangat masuk akal jika perut membutuhkan waktu yang lama untuk kembali ke bentuk semula. Kecepatan tubuh untuk kembali ke bentuk semula tergantung seberapa besar perubahan tubuhmu ketika hamil. Misal jika saat sebelum hamil anda terbilang langsing dan pada saat hamil tubuh anda mengalami perubahan yang signifikan akan lebih lama kembali ke tubuh normal setelah melahirkan dibandingkan dengan orang yang sebelum melahirkan memang sudah memiliki tubuh yang seudah lumayan gemuk. Selain pengaruh perubahan bentuk tubuh pada saat melahirkan, keaktifan kamu setelah melahirkan juga akan mempengaruhi kecepatan tubumu untuk kembali kebentuk semula disamping itu anda harus memperhatika asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhmu. Sekian ulasana saya menegani Perawatan ibu setelah melahirkan. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Advertisement
Perawatan Ibu Setelah Melahirkan | Tiara | 5

0 komentar:

Post a Comment