Macam- macam Tanaman Obat

Advertisement
fakultaskebidanan.blogspot.com - Jumlah tanaman yang ada di indonesia sangat banyak, termasuk tanaman obat. Tanaman obat atau herbal herbal ini dari dulu bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun ironisnya banyak dari penduduk indonesia kebanyak ini lebih memilih menggunakan obat kimia maupun obat luar negeri dari pada menggunakan tanaman obat asli indonesia. Tidak perlu jauh-jauh menghamburkan uang puluhan juta rupiah hanya untuk berobat, dinegeri kita sendiripun sudah sangat kaya akan pengobatan yang alami. Mari kita cari tahu apa saja sih tanaman obat yang ada.


Tanaman herbal atau yang sekarang kita sebut sebagai tanaman obat sangat banyak sekali manfaat dan jenisnya. Penyakit kelas ringan maupun berat sanggup ditangani. Tidak perlu khawatir akan khasiatnya, tnaman obat sudah banyak teruji ampuh dibandingkan obat-obatan yang dicampur dengan bahan kimia. Kalo begitu langsung saja kita bahas mengeai Macam-macam tanaman obat yang  bisa menjadi alternatif pengobatan dirumah.

Seledri
Seledri kaya akan kalsium, fosfor dll. Selain bisa dipakai sebagai penyedap rasa, seledri juga dapat digunakan sebagai obat contohnya sebagai obat asam urat.

Blustru
Blustru atau disebut Ketela Manis merupakan tanaman obat keluarga yang telah diberikan secara turun temurun. Namun saat ini sudah jarang sekali yang menggunakan bahkan sebagian besar orang tidak tau bagaimana bentuk Tanaman Blustru itu termasuk saya sendiri. Namun katanya sih Blustru dapat digunakan sebagai Obat Asma.

Pasak Bumi
Fungsi Tanaman ini membantu memperbaiki kadar testosteron dan menambah gairah sexual pada pria.  Pasak Bumi tumbuh subur didaerah Kalimantan. Selain itu juga mampu menjadi Obat Ejakulasi Dini. Banyak Toko herbal menjual pasak bumi ini biasanya sudah berupa teh, kopi, berbentuk kering dll.

Mengkudu
Mengkudu bisa menjadi Obat Jantung Koroner dan membantu mencegah penyakit jantung koroner. Uniknya dari Mengkudu ini memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah contohnya di Sunda disebut Cangkudu, di Aceh disebut Keumeude, dan di Jawa diseut kudu.

Lidah Buaya
Sajak zaman dahulu kala lidah buaya sudah dipercaya dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Saat ini dijepang sedangdilakukan penelitian terhadap lidah buaya untuk penyakit kanker. Tidak hanya itu sekarang lidah buaya sudah menjadi bahan konsumsi seperti es cendol ala pontianak.

Buah Makasar
Fungsi buah ini adalah sebagai obat diabetes melitus. Namun, tahukah anda Tanaman ini memiliki rasa yang sangat pahit dan beracun. Tapi, apabila dipergunakan dengan baik dan sesui dengan dosis yang rumbuhan ini mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu Buah Makasar juga mampu menjadi Obat Kanker Serviks

Belimbing
Kandungan vitamin C, B, A, Protein, Kalsium pada Belimbing manis mampu mejadi Obat Kolestrol Tinggi dan Penurun Darah Tinggi.

Temulawak
Walaupun temulawak tidak mampu menjadi Obat Kanker Hati, namun temulawak mampu mencegahnya karena temulawak mampu mengobati Penyakit Hepatitis B yang berperan sebagai faktor utama Penyakit Kanker Hati. Selain itu Temulawak berguna sebagai Anti Radang ataupun Anti Keracunan Empedu

Sekian bahasan dari saya mengenai Macam-macam tanaman obat, semoga bermanfaat.
Advertisement
Macam- macam Tanaman Obat | Tiara | 5

0 komentar:

Post a Comment