Gejala Penyakit Ginjal

Advertisement

Gejala Penyakit Ginjal

fakultaskebidanan.blogspot.com – Menurut Wikipedia Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.
Ginjal merupakan salah 1 bagian tubuh manusia yang memiliki peran sangat penting. Penyakit ginjal akan sangat berbahaya jika tidak dilakukan dengan cepat dan tepat oleh ahli medis, kita harus berhati – hati terhadap penyakit ini karena penyakit ini suka datang tiba - tiba. Gejala penyakit ginjal yang kadang tidak terlihat oleh para penderitanya hingga gejala penyakit ginjal disebut disebut silent disease, sifat dari gejala penyakit ginjal ini adalah hanya memperburuk dari waktu-kewaktu sehingga pencegahan dini dan pemeriksaan dini harus dilakukan.

Gejala dan Pencegahan Penyakit Paru-paru Basah

Ciri Awal Sakit Ginjal
Penyakit ginjal akan semakin parah jika dibiarkan saja, karena fungsi dari ginjal akan semakin terganggu dan menurun. Maka dari itu langkah awal yang tepat adalah sesegera mungkin mengethui gejala–gejala penyakit ginjal tersebut. Gejala apapun yang terjadi pada tubuh kita tidak boleh anggap remeh, biasanya gejala ini terjadi akibat gaya hidup yang kurang sehat maka dari itu kita harus mengubah gaya hidup kita yang kita anggap kurang sehat. Pada penyakit ginjal pada umumnya akan terlihat ketika penyakit sang penderita atau orang yang terkena penyakit ginjal sudah memasuki fase yang parah.

Ciri-ciri Gejala Awal Sakit Ginjal
Penyembuhan dapat dilakukan lebih awal Jika kita mengetahui lebih awal tentang penyakit ginjal yang menyerang tubuh. Pada penderita diabetes diketahui bahwa dari statistik hasil memperlihatkan bahwa sekitar 40% dari mereka mengembangkan penyakit ginjal kronis. Kita dapat mengatahui gejala-gejala awal pada orang yang menderita sakit ginjal dengan ciri-ciri di bawah ini:

1.    Nafsu makan berkurang dan berat badan menurun.
Banyak orang yang melupakan makan karena berbagai macam kesibukan sehari-hari padahal Makanan merupakan unsur yang terpenting bagi manusia agar dapat melakukan aktifitas dengan baik. Karena mengabaikan makan itu sehingga nafsu makan berkurang. Inilah yang menjadi salah satu gejala awal yang membuat penyakit ginjal datang kedalam tubuh. Maka dari itu menjaga kondisi tubuh dengan makan–makanan yang bergizi sangat penting untuk menghindari penyakit ginjal datang padamu..
2.    Membengkaknya kaki, pergelangan kaki dan tangan.
Salah satu fungsi ginjal adalah memisahkan cairan–cairan yang ada pada zat makanan atau apapun itu hingga nantinya dikeluarkan oleh tubuh, ketika ginjal tidak berfungsi sebagai mana mestinya maka cairan–cairan yang ada pada makanan tidak bisa terpisah dari tubuh dan akan menyebar ke bagian tubuh lain misal tangan, wajah dll

Demikian bahasan tentang Gejala Penyakit Ginjal, Semoga bermanfaat.
Advertisement
Gejala Penyakit Ginjal | Tiara | 5

0 komentar:

Post a Comment