Tentang Penyakit Bipolar Disorder

Advertisement

Tentang Penyakit Bipolar Disorder

fakultaskebidanan.blogspot.com  - Ketika mendengar penyakit bipolar disorder pasti anda akan teringat dengan pembeeritaan di tv mengenai penyakit yang sedang dialami oleh artis cantik, marshanda. Namun mungkin yang belum tahu mengenai penyakit ini pasti akan bertanya–tanya, apa sih penyakit bipolar disorder itu? penyakit bipolar disorder atau Ganguan bipolar atau sering disebut juga dengan manic - depresi adalah kelainan pada otak dimana ada ketidak normalan dalam pergantian mood, level aktivitas, energi dan kemampuan untuk mengerjakan aktivitas sehari - hari. penyakit bipolar disorder memiliki dua kutub, yaitu depresi dan manik.
Gangguan tentang penyakit bipolar disorder ini bersifat berulang-ulang, menunjukan tingkat mood dengan tingkatan yang berbeda–beda dan tidak normal. Seseorang yang menderita penyakit bipolar Disorder biasanya tidak jarang merasa euphoria yang berlebihan (mania) dan mengalami depresi yang amat sangat berat. Periode mania dan depresi ini bisa berganti dalam kurun waktu tertentu misal dalam hitungan jam, minggu maupun bulan. Ini semua biasanya tidak sama antara 1 penderita dengan penderita lainnya. Mood atau keadaan emosi internal merupakan penyebab utama dari gangguan ini.


Tentang Penyakit Bipolar Disorder


Kadang-kadang penderita penyakit bipolar disorder memiliki perasaan mood meninggi, energi dan aktivitas fisik dan mental meningkat (episode manik\hipomanik). Pada waktu lain kadang penderita mengalami penurunan energi, mood dan aktivitas dan mental berkurang (episode depresi). Episode manik biasanya mulai dengan tidak disangka - sangka dan biasanya berlangsung antara dua minggu sampai lima bulan. Sedangkan depresi biasanya berlangsung lebih lama. Episode hipomanik mempunyai derajat yang lebih ringan daripada manik. Mereka yang mengalami gangguan penyakit bipolar disorder beralih dari perasaan sangat sedih dan terpuruk ke perasaan sangat senang atau sebaliknya. Dua kutub mood rendah dan tinggi, saling bergantian.

Para remaja yang beranjak dewasa atau dewasa muda biasanya kerap mengalami penyakit bipolar disorder. Setidaknya setengah dari kasus dimulai sebelum umur 25 tahun. Gejala–gejalanya kadang juga dialami oleh anak - anak, sementara beberapa orang sisanya mengalami gejala-gejalanya lebih lama. Saat kelainan ini dimulai penyakit bipolar disorder tidak akan mudah dikenali. Gejalanya terlihat seperti masalah - masalah yang tidak sama, tidak tampak seperti bagian dari masalah lain yang lebih besar. Beberapa orang menderita kelainan ini sampai bertahun-tahun sampai akhirnya terdiagnosis dan mendapatkan terapi. Namun penyakit ini sama saja layaknya penyakit jantung dan diabetes yang harus selalu di kontrol walau seumur hidup karena ini termasuk penyakit jangka panjang.
Advertisement
Tentang Penyakit Bipolar Disorder | Tiara | 5

0 komentar:

Post a Comment