Trigger Finger Atau Jati– jari Kaku

Advertisement
FAKULTASKEBIDANAN Istilah trigger finger mungkin masih asing ditelinga anda, namun kasus trigger finger ini sudah umum terjadi pada orang dewasa. Tidak sedikit dari masyarakat kita yang mengalaminya. Dalam bahasa Indonesia trigger finger dapat diartikan sebagai jari pelatuk yaitu dimana kondisi jari terkunci dalam posisi tertekuk sehingga jari sama sekali tidak dapat digerakan atau macet, gejala awalnya berupa kesulitan meluruskan jari disertai rasa nyeri.

Trigger Finger Atau Jati– jari Kaku


Macetnya jari terjadi ketika tendon atau jaringan ikat yang terdapat pada jari tangan mengalami peradangan atau membengkak. Ketika jari tangan menekuk akan sulit keluar dari selubung (pulley) yang meliputinya karena terjadi penyempitan, jika tendon telah membengkak dan membentuk benjolan, maka tendon akan sulit ke posisi semula sehingga jari tangan tidak bisa diluruskan. Pembengkakan inilah yang menyebabkan “kemacetan”. Sementara pada keadaan normal, pada saat jari tangan lurus dan menekuk, tendon akan bergerak secara halus kedalam dan keluar selubung.

Untuk meluruskan jari tanagan, penderita harus mendorong daerah yang membengkak kearah selubung. Tindakan ini akan menghasilkan perasaan meletus seperti yang dirasakan ketika menarik pelatuk.

Dalam banyak kasus, Trigger finger terjadi karena sering melakukan pekerjaan yang berulang–ulang atau pekerjaan yang mebutuhkan penggunaan jari tangan dalam waktu yang lama. Misalnya terlalu lama mengetik di keyboar komputer, ponsel, menyetir atau menggunakan alat tertentu contohnya las. Namun belum ada penelitian melakukan pekerjaan berulang–ulang dengan intensitas tinggi dapat menyebabkan pembengkakan pada tendon. Namun yang jelas siapa saja kasus ini sering menimpa orang dewasa baik laki–laki maupun perempuan.

Trigger finger alias jari–jari kaku juga banyak ditemukan pada penderita gangguan metabolisme seperti diabetes, maupun pasien mengalami perubahan hormonal seperti perempuan yang baru saja melahirkan. Namun gangguan tersebut bisa juga terjadi pada bayi, dimana ibu jarinya tertekuk dan tidak bisa diluruskan. Penanganannya menggunakan bantuan splint. Semacam alat untuk meluruskan.

Itu saja yang bisa saya paparkan mengenai Trigger finger alias jari–jari kaku, semoga bisa menjadi referensi bagi anda semua.
Advertisement
Trigger Finger Atau Jati– jari Kaku | Ari Saeful Bahri | 5

0 komentar:

Post a Comment