Menjaga Kadar Gula Darah bagi Penderita Diabetes

Advertisement

Menjaga Kadar Gula Darah bagi Penderita Diabetes

fakultaskebidanan.blogspot.com Kadar gula darah sudah seharusnya kita jaga dan hal yang krusial untuk pengidap diabetes melitus, mempunyai bakat menderita diabetes sekalipun yang memiliki masalah dengan kadar gula darah rendah (hipoglikemia) ataupun tinggi (hiperglikemia). Pola makan yang terjaga adalah Salah satu cara untuk menjaga kadar gula darah bagi penderita diabetes adalah tetap berada di angka normal. Namun sebelum terkena penyakit ini alangkah baikknya kita mencegah dan telah dijelaskan cara mencegah diabetes pada artikel yanng lain di blog ini.

Dengan Diet yang menerapkan pola gizi yang seimbang dan lengkap zat gizi, mengandung semua zat gizi kebutuhan tubuh makronutrien dan mikronutrien, mikronutrien antara lain adalah vitamin dan mineral. Sedangkan Makronutrien  yang mengisi sebagian besar kebutuhan gizi tubuh antara lain adalah karbohidrat, protein, lemak dan air. Mikronutrien walaupun dibutuhkan dalam porsi yang sedikit, namun posisinya sangat dibutuhkan karena zat gizi ini yang membantu kerja tubuh salah satunya dalam menjaga kadar gula darah.

Berikut ini 4 mineral penting untuk menjaga kadar gula darah bagi penderita diabetes:

Selama kehamilan anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tumbuh kembang si buah hati. Namun ada beberapa pantangan untuk ibu hamil yang harus dihinndari yang jika tidak akan berpengaruh pada kesehatan janin.

Asupan harian yang dibutuhkan untuk 1 orang dewasa adalah 4,700 mg. yang membantu glukosa masuk ke dalam sel tubuh adalah kalium. Mineral ini juga membantu menjaga tekanan darah dan fungsi ginjal. Kalium dapat ditemukan pada berbagai buah dan sayuran seperti, sayuran berdaun hijau, asparagus, ubi, pisang dan melon.

Sebagian besar orang memenuhi kebutuhan mineral ini dengan tambahan suplementasi kromium sebanyak 25 hingga 35 mg per hari, tergantung umur, kemauan dan jenis kelamin. Dalam membantu mengontrol metabolisme lemak, karbohidrat dan gula dengan membantu kerja insulin, peran Kromium sangat penting. Selain itu mineral ini bisa diperoleh dari makanan seperti: tomat , kentang dan bawang bombay.

Cara menjaga kadar gula darah bagi penderita diabetes selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi zat besi. Zat besi membantu transpor oksigen dalam darah. Mineral ini dapat ditemukan pada bayam, collard, kacang-kacangan, lentil dan buah kering. Dikarenakan zat besi dapat diperoleh dari makanan, makan suplementasi tidak dianjurkan. Konsumsi zat besi terlalu banyak dapat menyebabkan konstipasi.

Magnesium penting untuk menjaga kadar gula darah bagi penderita diabetes. pemanfaatan tubuh terhadap insulin dan karbohidrat, juga penting untuk syaraf dan tekanan darah. Pada umumnya orang dewasa membutuhkan sekitar 300-400 mg perhari. Magnesium dapat ditemukan pada bayam, chard, kacang hitam, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Demikian ulasan saya mengenai 4 mineral penting untuk menjaga kadar gula darah bagi penderita diabetes, semoga bermanfaat
Advertisement
Menjaga Kadar Gula Darah bagi Penderita Diabetes | Tiara | 5

0 komentar:

Post a Comment