Cara Mengatasi Susah Tidur

Advertisement
FAKULTAS KEBIDANAN - Apakah anda orang yang susah tidur setiap harinya? Jika iya maka itu disebut insomnia. Insomnia bisa disebabkan karena kebiasaan, stres akan pekerjaan sehari–hari, problem dengan pasangan yang tak kunjung selesai, dll.

Jika sulit tidur harus dicarikan solusinya. Apalagi, ada kecenderungan jumlah penderita gejala ini makin lama makin banyak. Di Amerika saja disebutkan bahwa sekitar 13% orang dewasa di sana mengalami gangguan tidur. Adapun tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi susah tidur:


Cara Mengatasi Susah Tidur

Pilih warna yang tepat
Warna kamar yang tepat akan membantumu untuk lebih mudah tidur. Jika bingung memilih warna, ada beberapa warna yang bisa anda pilih seperti warna biru muda atau hijau muda bisa memberikan efek relaksasi, tenang, menyenangkan, damai, dan penuh harapan. Warna kalem seperti krem, merah muda, bisa juga menenangkan saat menjelang tidur.

Kasur tak sesuai
Kemungkinan kesulitan tidur bisa jadi karena masalah kasur. Kadang seseorang tidak sadar apakah kasur yang dipakai sesuai atau tidak. Karena itu saat membeli kasur ada baiknya dirasakan kira-kira keempukannya cocok atau tidak. Dengan memilih kasur yang cocok dapat membantu mencegah gangguan tulang punggung.

Kurangi cahaya
Gunakan cahaya redup agar tidur bisa nyenyak dan mengatasi susah tidur, bahkan jika diperlukan matikan lampunya agar kamar jadi gelap.

Pindahkan jam
Hal ini mungkin sepele tapi jam bisa saja menjadi penyebab anda susah tidur. Bisa karena siara jarum jam, kilauan cahaya yang memantul pada jam jika jam nya memiliki bahan yang bisa memantulkan cahaya ataupun dengan terus melihat jam didekat kita maka kita akan tahu berapa lama waktu kita terjaga dan akan membuat kita makin stres.

Alat elektronik
Kadang saking kita sibuknya kita memasukan barang elektronik yang berlebihan ke kamar seperti tv, komputer dan ponsel. Sebaiknya matikan terlebih dahulu barang–barang elektronik tersebut sebelum tidur karena cahaya atau suara yang dihasilkan dapat mengganggu tidur anda.

Demikian tips dari saya mengenai mengatasi susah tidur, semoga bermanfaat dan anda tidak susah tidur lagi.
Advertisement
Cara Mengatasi Susah Tidur | Ari Saeful Bahri | 5

0 komentar:

Post a Comment