Obat Tradisional Sakit Gigi

Advertisement

Obat Tradisional Sakit Gigi

fakultaskebidanan.blogspot.com - Sakit gigi merupakan satu dari beberapa penyakit paling terkenal dan paling menyiksa. Rasa sakit akibat sakit gigi begitu nyata, gigi seakan terasa berdenyut, kadang ditambah sakit kepala dan demam, kemudian para penderita sakit gigi menjadi sangat sensitif terhadap suara bising dan mudah marah. Sakit gigi hanya bisa ditandingi oleh sakit hati. Rasanya ingin dicopot saja itu gigi yang sakit biar ga pernah sakit-sakit lagi.

Penyebab sakit gigi sangat bermacam-macam, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, sering makan-makanan yang manis, dan jarang membersihkan gigi itu semua merupakan awal mula sakit gigi. Jika gigi kita berlubang, alangkah baiknya langsung saja berobat ke dokter gigi karena jika tidak akan berakibat sakit gigi, karena timbunan makanan yang terselip didalam lubang mengakibatkan bakteri dan kuman bereaksi didalam gigi tersebut.

Selain kita berobat ke dokter gigi, kita juga bisa mencari alternatif lain jika sakit gigi yaitu dengan pengobatan tradisional dengan resep-resep alami. Ada berbagai macam tumbuhan yang digunakan sebagai obat sakit gigi secara alami, Nah berikut ini beberapa ramuan tradisional untuk mengobati sakit gigi:

Obat Tradisional Sakit Gigi

Mengobati Sakit Gigi dengan Bawang Putih
Berdasarkan buku Jude’s Herbal Home Remedies yang ditulis oleh Jude C. Todd, bawang putih dapat menyembuhkan sakit gigi atau gigi berlubang karena mengandung senyawa antiseptic. Senyawa antiseptik yang terkandung dalam bawang putih berkhasiat menyembuhkan sakit gigi, caranya adalah dengan mengambil 1 siung bawang putih lalu tumbuk hingga halus, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Setelah 5 menit kumur-kumur dengan air hingga bersih.

Mengobati Sakit Gigi dengan Minyak Cengkeh
Resep tradisional mengobati sakit gigi yang lain adalah dengan menggunakan minyak cengkih. Cengkeh merupakan rempah yang menjadi bahan dalam pembuatan rokok. Namun, daun cengkeh ternyata memiliki khasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya, cuci beberapa helai daun cengkih, seduh dengan air mendidih, kemudian dilumatkan. Peras dengan kain. Basahi kapas dengan cairannya, jejalkan ke lubang gigi yang sakit.

Mengobati Sakit Gigi dengan Teh Hangat
Dalam buku Prescription for Herbal Healing yang ditulis oleh Phyllis A. Balch, dikatakan teh dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Teh panas membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit sementara. Tempatkan kantong teh pada gusi untuk membantu menghentikan peradangan. Sebaiknya jangan dicampur gula dalam teh hangat. Teh hangat memang segar jika disajikan pada waktu malam hari atau pagi hari, nah didalam kandungan teh hangat terdapat zat yang dapat membunuh bakteri dan kuman pada gigi, sehingga sakit gigi dapat segera hilang.

Mengobati Sakit Gigi dengan Getah Jarak
Tanaman jarak sekarang ini sedang populer, karena dalam getah jarak tersimpan kandungan bahan bakar alternatif yang dapat menggantikan minyak bumi. Selain digunakan sebagai bahan bakar alternatif, getah jarak juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Tanaman jarak memang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Selain minyak buah jarak yang sekarang sedang diupayakan sebagai bahan bakar alternatif, getah dari pohon jarak ini ternyata berkhasiat mengobati sakit gigi berlubang. Caranya gampang, hanya dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang berlubang. Atau bisa juga dengan mengambil getah jarak menggunakan kapas, kemudian masukkan kapas pada gigi yang berlubang.

Mengobati Sakit Gigi dengan Daun Serai
Daun Serai merupakan bumbu dapur yang sering digunakan sebagai bahan membuat sayuran. Sereh (bukan sirih) dikenal juga dengan nama serai. Biasa digunakan sebagai bumbu dapur terutama untuk pepes agar menambah aroma. Selain sebagai bumbu dapur, serai juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. Caranya sangat mudah yaitu dengan  merebus 50 gram serai segar dengan ditambah 2 gelas air dan sisakan air menjadi 1 gelas kemudian kumur-kumur setidaknya sehari 3 kali sehari.
Untuk mencegah sakit gigi kambuh rajin-rajinlah menjaga kesehatan gigi. Alangkah baiknya merawat gigi sejak dini dengan cara makan makanan sehat, hindari rokok dan alkohol, dan kurangi makan makanan yang manis-manis. Jangan lupa untuk rajin menyikat gigi setiap habis makan. Demikianlah tips ramuan tradisional mengobati sakit gigi. mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua.
Advertisement
Obat Tradisional Sakit Gigi | Tiara | 5

0 komentar:

Post a Comment