Tanda-tanda Kehamilan

Advertisement

fakultaskebidanan.blogspot.com Kehamilan merupakan sesuatu yang paling dinantikan bagi pasangan suami istri yang telah menantikan datangnya buah hati dambaan keluaga. Peristiwa kehamilan juga menunjukan bahwa pasangan suami istri tersebut memiliki tingkat kesuburan yang cukup baik. Kalau sudah kehamilan terjadi, pasangan suami istri tersebut tinggal menunggu saja buah hati mereka lahir dengan sehat dan selamat baik bagi sang ibu maupun sang bayi kelak.


Namun tidak jarang ada saja pasanagn suami istri yang tidak terlalu faham apa sih tanda–tanda kehamilan yang dialami sang calon ibu. Tidak jarang mereka bingung apakah ini tanda–tanda kehamilan atau hanya tanda–tanda menstruasi, karena tidak sedikit kasus bahwa tanda–tanda kehamilan itu tidak jauh beda dengan tanda akan datang menstruasi. Ketidaktahuan mengenai hal ini  juga menyebabkan beberapa kasus terjadinya keguguran (miscarriage).

Banyak wanita masih bingung dan melihat dari satu sisi saja akan datangnya tanda–tanda kehamilan seperti terlambatnya menstruasi. Ya memamng benar salah satu tanda–tanda kehamilan adalah terlambatnya menstruasi. Namun tahukah anda bahwa banyak faktor yang membuat wanita terlambat datang bulan / menstruasi. Beberapa faktor yang mempengaruhi weorang wanita terlamabat datang bulan adalah pola makan, stress, kecapaian, adanya gangguan hormonal dsb. Untuk lebih mengetahui apa – apa saja sih tanda–tanda kehamilan itu. Mari kita simak ulasan yang satu ini.

Tanda-tanda Kehamilan


Munculnya bercak darah atau flek yang diikuti kram perut
Bercak darah ini biasanya muncul sebelum menstruasi selanjurnya dan 10 hari setelah ovulasi. Bercak darah ini dikarenakan oleh menempelnya embrio pada dinding rahim. Biasanya orang – orang salah mengartikan munculnya bercak darah ini akbiat menstruasi..

Biasanya keluarnya bercak darah ini dibarengi dengan datangnya kram perut, kram perut yang terjadi lebih teratur.kram perut ini terjadi dan akan terus berlanjut sampai masa kehamilan trimester kedua, sampai letak uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul.

Mual dan muntah (Morning sicknes)
tanda–tanda kehamilan ini akan dialami Sekitar 50% perempuan yang sedang mengalami kehamilan. penyebabnya adalah peningkatan hormon HCG (Human chorionic Gonadotrophin) secara tiba-tiba dalam aliran darah dan saluran air kencing. Oleh karena itu, alat test pack atau pengecek kehamilan dilakukan melalui media air seni, hal ini dilakukan untuk mengukur terjadinya peningkatan kadar hormon HCG tersebut. Peningkatan hormon ini akan berefek pedih pada lapisan perut dan akan menimbulkan mual dan akan menghilang memasuki kehamilan trimester kedua, Jika terjadi pada usia kehamilan trimester kedua, sebaiknya periksakan dan konsultasikan mengenai hal ini ke dokter anda, karena kemungkinan akan mengganggu kehamilan anda.

Mual dan muntah ini biasa disebut morning sickness karena biasanya terjadi pada pagi hari. Namun pada kenyatannya mual dan muntah ini bisa saja terjadi pada siang dan malam hari. Bahkan morning sickness ini bisa terjadi hanya karena si ibu hamil mencium aroma atau wangi – wangian tertentu.

Terjadi Perubahan Pada Payudara
Tanda–tanda kehamilan selanjutnya yaitu saat seorang wanita tengah mengalami kehamilan maka payudaranya akan membesar, itu disebabkan meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron. Kemudian kondisi payudara akan terasa makin lembut dan sensitif, ini yang membuat seorang wanita akan terasa sakit dan nyeri saat dipegang. Puting susu membesar pula dan warnanya akan semakin gelap, kadang juga terasa gatal. Pembuluh vena pada payudara juga akan terlihat akibat penegangan payudara.

Ada suatu Hormon yang diproduksi oleh tubuh saat ibu mengalami kehamilan untuk mempersiapkan ASI bagi bayi anda ketika terlahir ke dunia. Nama hormon tersebut adalah hormon HPL (Human Placental Lactogen)

Pusing dan sakit kepala
peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing saat ibu berubah posisi Gangguan pusing dan sakit kepala yang sering dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh faktor emosional yaitu adanya depresi dan perasaan tegang sedangkan faktor fisik; lapar, mual, tekanan darah rendah dan rasa lelah berarti itu tanda–tanda kehamilan.

Sering kencing/buang air kecil (Frequent Urination)
Keinginan untuk buang air kecil atau pipis atau kencing akan semakin sering setelah terlambat haid satu hingga dua minggu merupakan salah satu tanda–tanda kehamilan. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan sirkulasi darah, peningkatan hormon kehamilan dan janin yang tumbuh menekan kandung kemih. Kondisi tersebut akan membuat kandung kemih cepat diisi oleh urine dan keinginan untuk buang air kecil semakin sering. Dengan seringnya buang air kecil namun jangan sampai anda menahannya dan perbanyak minum untuk menghindari dehidrasi

Rasa lelah dan mengantuk yang berlebih (Fatigue)
Rasa lelah dan mengantuk pada ibu hamil selain disebabkan oleh perubahan hormonal dan juga kinerja dari beberapa organ vital seperti paru-paru, ginjal dan jantung yang semakin bertambah. Organ–organ vital ini tidak hanya bekerja untuk memenuhi kebutuhan sang ibu saja melainkan juga untuk tumbuh kembang janin karena ini tanda–tanda kehamilan.

Sering meludah
Tanda–tanda kehamilan selanjutnya yaitu sering meludan. Ini terjadi saat trisemester pertama dan mungkin hilang pada trisemester kedua. Hal ini terjadi karena pengaruh perubahan hormon esterogen.

Naiknya temperatur basal tubuh
Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi. Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal tubuh ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan.

Sembelit
Tanda–tanda kehamilan yang terakhir yaitu sembelit. Akibat peningkatan hormon progesterone maka akan terjadi sembelit. Efek dari hormon ini adalah mengendurnya otot – otot rahim namun efeknya juga usus akan ikut mengendurnya dinding usus sehingga menyebabkan sembelit. Tapi karena ada hal ini penyerapan nutrisi pun akan lebih baik dari biasanya.

Demikianlah ulasan saya mengenai tanda kehamilan. Perlu diketahui bahwa tanda–tanda kehamilan diatas bisa saja tidak terjadi pada bebrapa wanita artinya tanda–tanda kehamilan tersbut bersifat pribadi. Anda bisa mengecek kebenarannya dengan menggunakan test pack ataupun menguji darah anda di laboraturium. Jika positif hamil maka jangan melanggar pantangan untuk ibu hamil, tetapi harus mengkonsumsi Buah yang baik untuk ibu hamil dan makanan yang sehat untuk wanita hamil..
Advertisement
Tanda-tanda Kehamilan | Tiara | 5

0 komentar:

Post a Comment