Manfaat Buah Mengkudu

Advertisement

Manfaat Buah Mengkudu

fakultaskebidanan.blogspot.com Anda pasti tahu apa itu buah mengkudu, ya.. buah yang memiliki bau yang tidak sedap dan kadang membuat kita nyaman didekatnya. Namun jangan salah, biarpun baunya tidak sedap tapi buah ini memiliki khasiat yang bergama khususnya untuk pengobatan. Morinda citrifolia, merupakan nama latin dari buah mengkudu dan termsuk kedalam famili Rubiaceae.


Manfaat Buah Mengkudu

Kenapa sih mengkudu punya banyak manfaat untuk pengobatan? karena didalam mengkudu memiliki zat seperti metil asetil, morindone, morinda diol, morindin, asam kapril dan sorandiyiol. Dibawah ini akan saya paparkan manfaat buah mengkudu disertai dengan cara pembuatan dan penggunaanya.

Manfaat buah mengkudu  untuk Menyembuhkan batuk
Buah mengkudu bisa digunakan untuk anda yang sedang menderita batuk.
Bahan :
-       1 buah mengkudu
-       genggam daun poo (bujanggut)
-       gelas air
Cara meraciknya :
Rebuslah buah mengkudu dan daun poo dengan 2 gelas air, tunggu hingga air rebusan tersisa 1 gelas. Saring airnya dan minumlah 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

Manfaat buah mengkudu  untuk Mengobati sakit kuning
Bahan :
-       2 buah Mengkudu yang sudah matang di pohon
-       Madu secukupnya
Cara meraciknya :
Peraslah buah mengkudu karena kita hanya membutuhkan airnya saja, campurkan madu hingga merata. Saring airnya dan usahakan diminum 2hari sekali.

Manfaat buah mengkudu  untuk Mengobati kulit bersisik
Bahan :
-       Buah mengkudu secukupnya
Cara menggunkan :
Gosok–gosokan bagian kulit yang bersisik menggunakan buah mengkudu selama 6 – 11 menit, setelah itu bersihkan menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat. Ingat iar hangat bukan air panas.

Manfaat buah mengkudu  untuk Mengobati hipertensi
Bahan :
-       2 buah mengkudu yang matang dipohon
-       1 sendok makan madu
Cara meraciknya :
Petiklah 2 buah mengkudu yang telah matang dipohon kemudian peras buah mengkudu tersebut karena yang kitabutuhkan adalah airnya, setelah itu campur dengan madu . diminum dua hari sekali saja.

Manfaat buah mengkudu  untuk Mengobati sakit perut
Kali ini kita tidak menggunkan buahnya melainkan daunnya saja.
Bahan :
-          2-3 lembar daun mengkudu
-          Garam secukupnya
-          Air panas
Cara meraciknya :
Sebelum di proses, cuci bersih dahulu daun mengkudu yang telah anda petik. Tumbuk sampai halus dan ditambah garam kemudian seduh dengan air panas. Tunggu hingga dingin, kalau sudah dingin airnya disaring dan diminum.

Demikianlah ulasan saya mengenai manfaat buah mengkudu disertai dengan resep – resep pembuatannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Advertisement
Manfaat Buah Mengkudu | Ari Saeful Bahri | 5

0 komentar:

Post a Comment