Pantangan Untuk Ibu Hamil

Advertisement

Pantangan Untuk Ibu Hamil

fakultaskebidanan.blogspot.com  Setelah diketahui tanda-tanda kehamilan maka Tumbuh kembang janin memag sangat rentan terhadap pengaruh yang diakibatkan oleh turunan maupun pola hidup ibu hamil sehingga mengakibatkan gangguan pada pada perkembangan janin. Berbagai cara dilakukan oleh ibu hamil karena pasti setiap ibu hamil menginginkan ibu dan anak lahir dengan sehat dan selamat. Bisa dengan cara mengkonsumsi buah yang baik untuk ibu hamil serta makanan sehat untuk wanita hami.
Bahkan ada beberapa tradisi yang berkemabng di masyarakat mengenai kondisi kehamilan, tradisi ini bertujuan untuk menjaga janin tetap sehat sampi usia kelahiran. Selama kehamilan anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tumbuh kembang si buah hati. Namun ada beberapa pantangan untukibu hamil yang harus dihinndari yang jika tidak akan berpengaruh pada kesehatan janin.

Berikut adalah 6 pantangan untuk ibu hamil:


Pantangan Untuk Ibu Hamil


Makanan Mentah
Makanan mentah bagi ibu hamil sangat tidak dianjurkan karena dalam makanan mentah terkandung bakteri , virus , dan parasit yang lebih banyak sehingga mengganggu perkembangan janin anda dan itu adalah pantangan untuk ibu hamil. Apalagi jika diusia kandugan yang masih muda masih rentan terhadap keguguran. Makanan mentah yang berasal dari hewan dan sayuran memiliki resiko tinggi memicu gangguan kesehatan. Anda sebaiknya menghindari Makanan dari ikan mentah seperti sushi, daging setengah mateng dan adonan kue yang masih mentah, sayuran mentah seperti kecambah mentah. Ada baiknya anda memasak makanan mentah tersebut sampai benar–benar matang untuk menghidari sesuatu yang tidak diinginkan pada janin anda.

Ikan dengan Kandungan Merkuri
Secara umum ikan laut memang sangat bagus untuk kesehatan, termasuk kesehatan janin anda. Akan tetapi anda harus selektif karena jenis ikan yang mengandung merkuri merupakan salah satu pantangan untuk ibu hamil. Ikan yang mengandung jenis merkuri tinggi adalah, ikan todak, tilefish, ikan mackerel dikhawatirkan kandungan merkuri nya kan menggaggu perkembangan otak dan sistem saraf janin. Disarankan untuk menggunakan ikan salmon. Kandungan gizi pada salmon ini bagus untuk ibu hamil karena ikan ini memiliki jumlah merkury yang lebih rendah. Namun tetap saja anda tidak boleh mengkonsumsinya terlau banyak.

Minuman Beralkohol
Pantangan untuk ibu hamil selanjutnya yaitu minuman beralkohol. Bagi anda yang termasuknya alkholik sebaiknya berhenti minum–minuman ini karena bukan hanya membahayakan diri sendiri tapi juga membahayakan janin anda. Karena Minuman beralkohol akan menghambat asupan nutrisi bagi janin anda selain itu oksigen yang dibutuhkan janin akan tersendat. Alkohol berpengaruh pada kemampuan otak janin sehingga untuk anda yang mengkonsumsi alkohol ketika mengandung beresiko tinggi dalam beberapa gangguan bayi saat lahir termasuk IQ dan gangguan fisik.

Banyak penelitian yang menghubungkan antara kafein dengan kehamilan. Pada saat tidak hamilpun kita tidak boleh mengkonsumsi kafein secara berlebihan apa lagi ketika anda hamil. Kandungan kafein yang terdapat di dalam secangkir kopi dan minuman supleman contohnya akan mengakibatkan resiko keguguran dan bayi lahir dengan berat badan yang rendah bahkan dalam kasus yang parah merupakan pantangan untuk ibu hamil yang akan mengakibatkan kematian saat lahir.

Kalori yang berlebih
Kalori yang cukup dengan jumlah porsi yang tepat memang dibutuhkan ketika anda sedang mengandung. Ini semua bertujuan ibu hamil terhindar dari obesitas. Ibu hamil yang obesitas baik sebelum maupun saat hamil akan meningkatkan resiko bayi anda lahir dengan berat badan tinggi dan rentan terkena diabetes. Akan tetapi bukan berarti anda dapat menurunkan berat badan pada masa kehamilan yang menghambat nutrisi untuk janin.

Memakai baju ketat
Baik para ibu hamil sebaiknya menghindari menggunakan pakaian ketat karena itu merupakan pantangan untuk ibu hamil, walau sebenarnya memakai pkaian ketat tidak baik untuk kesehatan walaupun anda tidak sedang hamil. Menggunakan baju ketat akan meningkatkan resiko apalagi di bagian perut yang akan mengganggu perkembangan janin.

Itulah ulasan dari saya mengenai Pantangan Untuk Ibu Hamil, untuk mengetahui usia bayi dalam kandungan silakan baca artikel cara menghitung usia kehamilan. Semoga bermanfaat..
Advertisement
Pantangan Untuk Ibu Hamil | Tiara | 5

0 komentar:

Post a Comment