Penyebab Penyakit Lupus

Advertisement

Penyebab Penyakit Lupus

fakultaskebidana.blogspot.com - Penyebab penyakit lupus - Apakah anda ada yang belum tahu apa itu penyakit lupus? okelah mari saya jelaskan apa sih penyakit lupus itu. Penyakit lupus merupakan salah satu bentuk penyakit autoimun, dimana sistem kekebalan tubuh yang malah menyerang sel – sel dari tubuh kita sendiri.
Jaringan dan organ sehat tubuh itu sendriri yang diserang oleh sistem kekebalan tubuh sehingga menimbulkan peradangan kronis. Peradangan akibat lupus bisa mempengaruh banyak sistem tubuh antara lain : sel darah, kulit, ginjal, sendi, paru–paru dan jantung sehingga menimbulkan banyak sekali gejala yang beragam.


Penyebab Penyakit Lupus


Penyakit lupus sendiri merupakan kebalikan dari penyakit HIV/AIDS dimana jika penyakit HIV/AIDS mengakibatkan kekurangan kekebalan tubuh atau bahkan tidak punya kekebalan tubuh yang dikarenakan kekebalan tubuh digogoti oleh virus. Memang aneh, kenapa sih seseorang yang memiliki kekebalan tubuh yang berlebih bisa menjadi penyakit. Hal ini menunjukan bahwa segala sesuatu yang ada didalam tubuh kita harus selalu seimbang salah satunya ya sistem imun atau kekebalan tubuh

Penyakit lupus terbilang penyakit yang sulit dideteksi, belum diketahui penyebab penyakit lupus pasalnya penyakit ini  sering kali mirip dengan penyakit lain. Namun yang paling khas dari penyakit lupus adalah munculnya ruam di wajah yang mirip seperti sayap kupu–kupu (ruam dikedua pipi) disebut juga malar rash. Beberapa orang mungkin saja dilahirkan dengan kecenderungan mengembangkan penyakit lupus, yang mungkin saja dipicu oleh obat – obatan tertentu, infeksi bahkan sinar matahari.

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, penyebab penyakit lupus oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan sehat dalam tubuh si penderita penyakit lupus. Kemungkinan penyebab penyakit lupus karena faktor dari hasil kombinasi genetika dan lingkungan. Karena telah diketahui bahwa orang–orang yang telah memiliki penyakit ini karena turunan bisa mengembangkan penyakit ini ketika mereka melakukan kontak dengan sesuatu dalam lingkungan yang dapat memicu gejala penyakit lupus. Namun demikian secara pasti penyebab penyakit lupus belum diketahui. tapi telah diketahui beberapa yang dapat memicu penyakit ini secara potensial seperti obat– obatan dan cahaya matahari.

Demikian ulasan mengenai Penyebab penyakit lupus, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Advertisement
Penyebab Penyakit Lupus | Tiara | 5

0 komentar:

Post a Comment