Cara Menghitung Usia Kehamilan

Advertisement

fakultaskebidanan.blogspot.com Bagi anda kaum wanita yang sudah hamil dan tentunya sudah menikah resmi pasti berkeinginan bagaimana sih cara menghitung usia kehamilan itu. Karena jika anda bisa menghitung usia kehamilan anda senduru dengan benar maka anda akan mudah mempersiapkan segalanya dengan mudah. Dan anda akan menghemat biaya dengan tidak perlu lagi repot–repot mengecek usia kehamilan anda di dokter. Namun saya rasa anda harus tetap memeriksakan kesehatan kandungan anda secara rutin ke dokter serta Mengkonsumsi makanan yang sehat untuk wanita hamil. Caranya cukup mudah karena yang anda perlukan adalah beberapa tanggal saja untuk menentukan sudah berapa lama usia kehamilan Anda saat ini.


Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) menjadi Salah satu tanggal yang digunakan untuk mengetahui cara menghitung usia kehamilan.  Namun perhitungan dengan menggunakan metode ini hanya bisa dugunakan untuk ibu hamil yang memiliki siklus haid normal yaitu sekitar 28-30 hari. Salah satu prediksi yang bisa dilakukan dengan menggunakan HPHT adalah rumus Neagele. Rumus tersebut memiliki kelebihan yang mampu menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL).


Cara Menghitung Usia Kehamilan


Menggunakan rumus Neagele merupakan cara menghitung usia kehamilan yang sangatlah simple. anda hanya perlu menambahkan 7 pada HPHT. Setelah itu Anda kurangkan 3 pada bulan tersebut serta menambahkan satu pada tahunnya. Dan jika ada bulan yang tidak bisa dikurangi tiga seperti Januari, Februari, serta Maret maka bulannya ditambah 9, akan tetapi tahunnya tidak ditambah atau dikurangi. Dari pada bingung– bingung lihat saja contoh diwabah ini untuk cara menghitung usia kehamilan .

Jika HPHT Anda misalnya 7 Mei 2013 / 07-05-13, maka
07 (+ 7) – 05 (- 3) – 13 (+ 1)
Sehingga menghasilkan tanggal bari yaitu, 14-2-14 / 14 Februari 2014 yang menjadi tanggal (HPL) atau hari pertama lahirnya buah hati Anda.

Apabila kemungkinan kelahiran buah hati Anda seperti contoh diatas yaitu tanggal 14 Februari 2014, maka untuk menghitung usia kehamilan Anda hanya perlu mengingat tanggal 14 saja. Sehingga ketika bulan Juni tanggal 14 usia kehamilan Anda sudah menginjak usia tepat satu bulan apabila tidak meleset. Untuk waktu kelahirannya sendiri sebaiknya anda memberikan tenggang waktu atau lebih. Semoga cara menghitung usia kehamilan ini bisa membantu Anda, sehingga Anda bisa mengetahui lebih jelas mengenai keadaan kandungan serta buah hati Anda. Apabila telah positif hamil, anda harus mengetahui pantangan untuk ibu hamil agar kandungan anda tetap terjaga..
Advertisement
Cara Menghitung Usia Kehamilan | Tiara | 5

0 komentar:

Post a Comment