Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

Advertisement

fakultaskebidanan.blogspot.com – Buah dan pohon pisang sangat mudah kamu jumpai dimana saja, seperti di pasar, di pinggiran jalan (PKL), di halaman belakang rumah maupun di halaman tetangga kamu. Buah pisang selalu hadir sepanjang tahun artinya buah ini bukan buah musiman. Namun kadang ada beberapa orang yang belum tahu (termasuk saya) apa saja sih manfaat buah pisang untuk kesehatan? Pada postingan lalu saya telah menerangkan tentang manfaat buah sirsak, namun Berikut ini akan saya jelaskan manfaat buah pisang bagi kesehatan.

Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan


Manfaat Buah Pisang untuk Meningkatkan konsentrasi
Pisang mengandung kalium yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan otak baik bagi anak anak maupun orang dewasa. Sehingga bagi mereka yang rajin atau suka makan buah pisang daya konsentrasinya akan meningkat tajam dan cenderung lebih pintar dari pada mereka yang tidak suka makan buah pisang.

Manfaat Buah Pisang untuk Menambah kadar zat besi
Apakah anda sedang mengalammi anemia? Atau anda seseorang yang sering terkena anemia? Jika jawabannya “iya”, maka mulai dari sekarang anda berteman baik dengan buah pisang. Kenapa demikian ? karena pisang mengandung zat besi yang sangat tinggi yang akan mencukupi kebutuhan zat besi harian bagi tubuh anda jika anda rajin makan pisang setiap harinya.

Mencegah iritasi dan mengurangi keasaman pada lambung
Kemampuan lainnya yang menakjubkan dari buah pisang adalah mengurangi asam kadar asam pada lambung. Karena itu buah ini sangat baik dimakan oleh para penderita atau pengidap magh, entah itu magh ringan atau magh kronis. Cara kerja pisang melindungi lambung dari asam adalah karena pisang memicu tubuh untuk memproduksi mukus kental.

Solusi bagi perokok yang ingin berhenti merokok
Jika anda seorang perokok yang ingin berhenti merokok maka saya sarankan anda rajin mengkonsumsi pisang. Karena buah pisang mengandung kalium dan magnesium yang tinggi sehingga akan membantu tubuh untuk melawan efek kecanduan dari nikotin sehingga memudahkanmu untuk berhenti merokok.

Hipertensi
Buah Pisang dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi dikarenakan buah pisang mengandung kadar kalium yang tinggi dan kadar natrium yang rendah.

Manfaat Buah Pisang untuk Memelihara kesehatan ginjal
Ingin ginjal anda sehat? pastinya pingin donk. Mudah saja, anda hanya perlu memasukan pisang ke dalam menu makanan sehat atau diet rutin sehari – hari. Seseorang yang rutin mengkonsumsi pisang dan buah – buahan yang lainnya akan mengalami penurunanresiko terkena penyakit atau gangguan pada ginjalnya. Pisang dapat memberikan perlindungan terhadap ginjal dari berbagai penyakit karena dalam buah pisang terkandung Senyawa fenolik antioksidan.
Menguatkan tulang
Senyawa fructooligosaccharide pada buah pisang mempunyai peran yang penting dimana akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium dari dari sumber manapun. Akhir kata, orang yang rajin mengkonsumsi pisang akan mengalami penurunan gangguan pada tulang.

Manfaat Buah Pisang untuk Meredakan nyeri saat haid
Beberapa wanita kadang sering mengeluhkan nyeri saat haid. Maka buah yang satu ini akan membantu meredakan nyeri tersebut. Karena kandungan vitamin B6 dalam buah pisang akan membantu perubahan suasana hati dan regulasi kadar glukosa darah.

Mengobati sembelit
Perpaduan serat dan elektrolit pada buah pisang bisa mengatasi bagi para pembaca yang sedang mengalami susah buang air besar/sembelit dan diare.

Manfaat Buah Pisang untuk Membuat ceria
Apakah anda percaya pisang dapat membuat ceria? Awalnya saya juga sedikit ragu, apa bener ya pisang bisa membuat yang mengkonsumsinya lebih ceria / menjadi ceria? Ternyata jawabannya adalah buah pisang memang bisa membuat yang memakannya menjadi ceria karena dalam pisang kaya akan triptofan. Apa sih triptofan itu? triptofan merupakan protein yang membantu meningkatkan suasana hati sehingga bisa membuat orang menjadi lebih ceria atau bahagia.

Demikianlah ulasan saya mengenai manfaat buah pisang bagi kesehatan, sebenarnya masih banyak lagi khasiat buah yang satu ini, maka dari itu jangan ragu untuk memakannya.
Advertisement
Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan | Ari Saeful Bahri | 5

0 komentar:

Post a Comment